Jumat, 04 Maret 2011

Dampak Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas dapat menyebabkan dampak yang mungkin begitu fatal

Apa Saja Bahaya Pergaulan Bebas?• Salah satu bentuk pergaulan bebas adalah seks bebas.
Seks bebas artinya ada dua orang melakukan hubungan suami istri tanpa ikatan pernikahan. Anda pasti sudah bisa menebak apa bahaya pergaulan bebas yang satu ini.
Ya, kehamilan di luar nikah! Hal yang sangat memalukan bagi siapa saja, terutama bagi orang Indonesia yang masih memegang adat ketimuran.

• Menurunnya tingkat kesehatan.
Anda mungkin agak aneh dengan bahaya pergaulan bebas yang satu ini, tapi banyak fakta yang sudah mendukungnya.
Seks bebas akan berakibat hamil di luar nikah. Jalan keluar yang banyak diambil adalah menggugurkan kandungan. Ini jelas-jelas membahayakan kesehatan  wanita yang melakukan.
Tak hanya seks bebas, pemakaian narkoba atau konsumsi minuman beralkohol juga bisa menurunkan kesehatan. Bahkan, ada satu penyakit mematikan yang mengintai pergaulan bebas. Apa lagi kalau bukan AIDS?

• Bahaya pergaulan bebas yang sangat fatal adalah kematian.
Bahaya mengerikan ini bisa menimpa siapapun yang melakukan pergaulan bebas. Pengguguran kandungan terus-menerus atau dengan cara-cara yang tak sesuai aturan medis, over dosis narkoba dan munuman keras, semuanya pasti berujung pada kematian.

• Meningkatkan kriminalitas.
Bahaya pergaulan bebas yang satu ini bisa saja terjadi. Bayangkan bila ada seorang pemuda yang mencandu narkoba, di satu sisi ia harus mengkonsumsi barang haram tersebut, di sisi lain ia tidak punya banyak uang untuk membelinya karena harganya yang sangat mahal. Mencuri pun langsung dianggap sebagai jalan keluar terbaik yang paling cepat.

• Terjerumus dalam satu aktivitas pergaulan bebas, akan mendorong si pelaku untuk masuk ke aktivitas negatif yang lain.
Misalnya, seorang gadis pergi ke hiburan malam. Di sana ia akhirnya mencoba minuman keras atau narkoba. Ia menjadi kecanduan, untuk membeli narkoba ia pun butuh uang. Bisa jadi ia akan menjual tubuhnya (seks bebas) agar bisa membeli narkoba.
Akhirnya ia stres dan butuh sesuatu yang menenangkannya. Lagi-lagi ia mengkonsumsi narkoba. Ia seolah tidak bisa keluar dari lingkaran pergaulan bebas yang suram.

• Merenggangkan hubungan keluarga.
Seorang anak yang terjebak dalam pergaulan bebas, cenderung memiliki emosi yang meledak-ledak. Ia akan jarang di rumah, jarang berkumpul dengan keluarga. Bahkan rasa hormat pada orang tuanya pun bisa hilang.

• Menurunnya prestasi, baik prestasi akademik di sekolah maupun prestasi pekerjaan bagi yang sudah bekerja.
Hal ini tentu saja bisa terjadi apabila seseorang lebih memilih untuk pergi ke hiburan malam, kehilangan konsentrasi akibat minuman keras dan narkoba yang berakibat nilai akademik atau produktivitas kerja menurun.

• Dosa. Hal yang abstrak ini sudah jelas di depan mata apabila nekat terjun ke pergaulan bebas. Akibat menanggung dosa ini mungkin tidak akan kita rasakan di dunia. Namun setelah kematian menjemput, dosa akan mengantarkan kita pada sesuatu yang sangat mengerikan, yaitu neraka.
Itu adalah beberapa contoh bahaya pergaulan bebas. Sudah sering dikumandangkan, tapi tetap saja banyak yang terjerumus ke sana. Ada banyak hal penyebab kenapa seseorang terjebak pada pergaulan negatif tersebut. Apapun penyebabnya, peran keluarga dan orang-orang terdekat sangatlah penting.
Hendaknya orang tua menanamkan pemahaman agama sejak dini, mengontrol putra-putri mereka, dan menjalin komunikasi yang baik. Bila sudah seperti ini, lingkaran pergaulan bebas bisa dihindari dengan mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar